Share

Saran ADB untuk Kembalikan Pertumbuhan Ekonomi RI

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Kamis 03 September 2015 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 03 20 1207724 saran-adb-untuk-kembalikan-pertumbuhan-ekonomi-ri-rc7HLg6xAv.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Deputy Country Director Asian Development Bank (ADB) Edimon Ginting mengatakan, dengan akan dikeluarkannya paket kebijakan oleh pemerintah, dinilai akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Bicara membalikkan pertumbuhan ekonomi kuncinya di investasi. Paket deregulasi saya yakin arahnya kesana. Government spending bagaimana double jadi investasi. Kenapa market begitu positif dengan deregulasi ini," ucapnya di kantor ADB, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Selain government spending, menurutnya, bila menghadapi tekanan dari luar, juga diperlukan memaksimalkan potensi di dalam negeri. Bila hal tersebut sudah fokus, maka akan didapati stabilitas yang bagus pula.

"Reserve kita bagus. Dan pemerintah kita punya mekanisme untuk tangani krisis sebelum krisis datang bond buy back koordinasi bagus. Saya pikir itu bagus. Deregulasi yang terarah dan mendorong itu bagus. Dan tentu inflasi CAD turun. Inflasi saya pikir akan mengarah 4 persen," ujar dia.

Dia juga menilai, selama ini ada beberapa kebijakan yang menyulitkan industri di dalam negeri. Pasalnya, selama ini Indonesia selalu bergantung pada ekspor komoditi mentah.

"Yang penting diversifikasi ke sektor manufaktur Toyota ekspor mobil itu harus diperbanyak. Tourism itu 10 juta masih kecil. China juga banyak apakah itu ditarik," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini