Share

Dampak Anjloknya Mata Uang, RI Lebih Terpuruk Dibandingkan Malaysia

Raisa Adila , Okezone · Minggu 30 Agustus 2015 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 30 20 1205005 dampak-anjloknya-mata-uang-ri-lebih-terpuruk-dibandingkan-malaysia-JAfOxsbVYL.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pelemahan mata uang ringgit Malaysia memang jauh lebih buruk dibandingkan Indonesia. Namun, dalam hal fundamental (internal), Malaysia disebut lebih baik dibandingkan Indonesia.

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Fuad Bawazier menyampaikan, keterpurukan ringgit salah satunya disebabkan karena faktor ketidakpercayaan terhadap pemerintah Malaysia, dalam hal ini kasus dugaan korupsi yang menimpa Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak. Meski demikian, secara fundamental perekonomian Malaysia tidak memiliki masalah seberat Indonesia.

"Dalam hal keterpurukan currency yang terakhir ini ya Malaysia paling buruk, kita nomor dua. Tetapi, di Malaysia sampai sekarang belum kedengaran PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)," jelas Fuad di Restoran Dua Nyonya Cikini, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Padahal, dia menambahkan, tindakan PHK di Indonesia sangat besar. Tidak hanya itu, masalah lain seperti kenaikan harga kebutuhan pokok juga membuat fundamental Indonesia dianggap lebih lemah.

"Di sini kita sudah kedengaran banyak PHK. Belum sempat di sana ada kenaikan sembako yang buat rakyatnya berteriak, di sini sudah. Jadi memang di mata uang saja mereka jatuh, yang lain belum seberat kita," jelas dia.

Fuad menegaskan, secara fundamental Indonesia jauh lebih bermasalah. Oleh sebab itu, hal inilah yang perlu diperbaiki oleh Pemerintah.

"Jadi kita harus perbaiki. Kita jangan terus menerus nyalahkan faktor global. Kan semuanya kena. Cuma kena itu kan ada yang tewas, ada yang semaput, ada yang pingsan, ada yang goyang, ada yang sempoyongan, ada yang cepat sehat. Itu yang membedakan fundamental atau internal masing-masing," tandas dia.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini