Share

Kuatkan Nilai Tukar, BI Terbitkan Tiga Kebijakan

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 20 Agustus 2015 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 20 457 1199554 kuatkan-nilai-tukar-bi-terbitkan-tiga-kebijakan-16acTLv5hV.jpg Ilustrasi: Okezone
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menerbitkan tiga kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah. Pasalnya, perekonomian Indonesia saat ini menghadapi sejumlah tantangan, baik yang bersumber dari eksternal maupun dari domestik.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Juda Agung mengatakan, tiga kebijakan tersebut adalah, memperkuat pengelolaan likuiditas Rupiah di pasar uang. Kedua, memperkuat pengelolaan suplai dan demand valas, ketiga memperkuat kecukupan cadangan devisa.

"Sumber tekanan berasal dari pertumbuhan ekonomi global tidak sebaik perkiraan, pasar global diliputi ketidakpastian dengan berlanjutnya ketidakpastian kapan Fed Rate naik dan terakhie devaluasi yuan," kata Juda di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Juda menuturkan, tantangan eksternal berdampak pada tekanan nilai tukar Rupiah yang selanjutnya mengganggu stabilitas makroekonomi yang sampai saat ini masih terjaga.

"Perkembangan terakhir menunjukan seluruh mata uang dunia, termasuk Rupiah mengalami tekanan depresiasi," tambahnya.

Oleh karena itu, kata Juda, Bank Indonesia menempuh berbagai langkah kebijakan dalam menjaga stabilitas perekonomian, termasuk stabilitas nilai tukar dengan tetap menjada momentum pertumbuhan ekonomi.

Pertama, dengan menempuh kebijakan moneter yang tepap prident dan konsisten, kedua menerapkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif guna memberikan stimulus kredit dan menjada momentum pertumbuhan, dan ketiga mendorong perecpatan reformasi struktural.

"Termasuk upaya melanjutkan pendalaman pasar keuangan dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran," tandasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini