Share

BI Bakal Gelar Operasi Moneter Demi Stabilkan Rupiah

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Selasa 18 Agustus 2015 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 18 278 1198362 bi-bakal-gelar-operasi-moneter-demi-stabilkan-rupiah-B3VqHJS1rO.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Seriakt (AS) yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan situasi global. Untuk itu, BI akan melakukan kebijakan jangka pendek.

Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan fokus kebijakan BI dalam jangka pendek diarahkan pada langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah.

"Di tengah masih berlanjutnya ketidakpastian perekonomian global dengan mengoptimalkan operasi moneter baik di pasar uang Rupiah maupun pasar valuta asing," ungkapnya di Gedung BI, Selasa (18/8/2015).

Salah satu langkah yang diambil adalah mengubah batas pembelian dolar. Jika sebelumnya transaksi underlying dilakukan pada pembelian dolar AS di atas USD100.000, kini batas diturunkan menjadi USD25.000.

"Selama ini mengatur yang sampai di atas USD100.000 pembelian dalam sebulan baru pakai underlying, kita ubah jadi kalau melakukan pembelian di atas USD25.000 ribu itu harus sampaikan transaksi underlying dan NPWP itu akan dikeluarkan dalam bentuk penyesuaian peraturan BI," tukasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini