Share

Kemendag Waspadai Lonjakan Harga di H-7

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Kamis 09 Juli 2015 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 09 320 1179145 kemendag-waspadai-lonjakan-harga-di-h-7-y0EtwgvGF9.jpg Ilustrasi cabai. (Foto: Okezone)
A A A
JAKARTA - Mendekati hari raya Idul Fitri, pemerintah terus melakukan pemantauan harga beberapa komoditas pangan. Dari beberapa komoditas, yang menjadi fokus utama pemantauan adalah daging sapi dan cabai.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Srie Agustina, menjelaskan komoditas daging sapi menjelang Lebaran harga cenderung meningkat. Hal ini lantaran permintaan dari masyarakat terhadap daging sapi meningkat.

"H-7 biasanya permintaan akan sedikit meningkat, pedagang juga biasanya untung sekian karena mau Lebaran jadi sekian, ini yang harus kita jaga," ucapnya di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Sementara untuk harga cabai, penyebab kenaikan harga karena faktor musim. Komoditas cabai termasuk tumbuhan yang sensitif terhadap musim kemarau. Hal tersebut berdampak pada pasokan cabai.

"Sekarang musim kering jadi dia kekeringan jadi pasokan akan sedikit berkurang, yang lain sih sejauh ini stabil, beras, minyak goreng, terigu stabil, yang harus di cermati di cabai rawit merah," sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada awal Ramadhan ini harga bahan pokok memang cenderung naik. Namun, kenaikan tidak akan lebih dari 20 persen.

"Untuk harga minyak goreng justru yang paling stabil, kalau naik paling di bawah 2 persen karena kita kan pengekspor CPO, jadi naiknya hanya 0,22 persen itu juga karena permintaan," tandasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini