Share

Pertamina Andalkan Panas Bumi Tutupi Kekurangan Pasokan Energi

Danang Sugianto , Okezone · Minggu 05 Juli 2015 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 05 19 1176588 pertamina-andalkan-panas-bumi-tutupi-kekurangan-pasokan-energi-OJZYDeWxV6.jpg Ilustrasi: Reuters
A A A
GARUT - PT Pertamina (Persero) mengakui sumber energi Indonesia semakin berkurang. Oleh karena itu Pertamina mulai beralih dari sumber energi fosil ke energi baru terbarukan seperti panas bumi atau geothermal.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan, saat ini kebutuhan akan energi BBM di Indonesia mencapai 70 juta kiloliter (kl). Sementara kapasitas produksi dalam negeri saat ini baru mencapai 40 juta kl, ditambah lagi konsumsi BBM terus bertambah 4 persen per tahun.

Sementara kebutuhan pasokan gas juga diperkirakan terus meningkat sebesar 5,2 persen setiap tahunnya. Bahkan hingga 2025 diperkirakan Indonesia membutuhkan tambahan pasokan gas sebesar 4 miliar kaki kubik per hari.

"Oleh karena itu kita harus mendorong strategi energi baru terbarukan, khususnya geothermal," tutur Dwi dalam acara peresmian PLTP Kamojang Unit 5, Garut, Jawa Barat, Minggu (5/7/2015).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki keinginan agar Indonesia mulai mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan seperti energi geothermal, angin, matahari dan ombak.

Menurut data PT Pertamina, untuk geothermal sendiri saja Indonesia memiliki potensi hingga 28 ribu MW.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini