Share

Menteri Susi Dapat Jatah Tambahan Pegawai 50 Orang

Feby Novalius , Okezone · Jum'at 03 Juli 2015 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 03 320 1175814 menteri-susi-dapat-jatah-tambahan-pegawai-50-orang-B2hgugzWCK.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone/Arief)
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, menerima Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo), di Istana Merdeka, Jakarta.

“Perbaikan sertifikasi seperti sarjana ekonomi atau sarjana apa kan jelas, di Kelautan ini kan ada kelautan, ada perikanan. Nah, ini yang mereka ingin ada standar yang baku,” ujar Menteri Susi, dilansir dari Setkab, Jumat (3/7/2015).

Menteri Susi juga menyetujui saran Iskindo untuk mengadakan perbaikan database kelautan dan perikanan. “Mereka menginginkan kita memperbaiki database, itu juga salah satunya yang menjadi kendala dalam kerja, database kita itu tidak bagus,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Iskindo akan menjalin kerja sama dalam hal perekrutan pegawai di lingkungan KKP.

“KKP kan sekarang expand dengan anggaran dan bantuan yang lebih banyak lagi untuk para stakeholder. Kalau kita dapat Rp25 triliun kan berarti hampir 2,5 kali sekarang. Jadi kita butuh orang-orang baik, itu saja,” ungkap Susi.

Menurutnya, KKP akan menambah karyawan yang lebih baik dan yang lebih berkualitas. Dia mengklaim wacana ini sudah pernah dilontarkan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yudhi Chrisnandi.

“Kita sekarang mau mencari fresh graduate dari universitas, lima terbaik. Sudah dikasih izin sama Menpan untuk recruiting PNS, itu spesial. Seperti dulu dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, kita akan melakukan sama, the best five dari universitas negeri itu kita akan ambil, tapi di-assess juga karena kita hanya punya 50 kursi,” tuturnya.

Menteri Susi menambahkan, para fresh graduates itu nantinya akan disekolahkan lagi tapi harus dicari orang-orang yang memiliki the best material terlebih dulu, orang yang pintar dan mau kerja keras. “Dengan harapan dua atau tiga tahun mereka balik bisa menjadi leader-leader kelautan di KKP seluruh Indonesia,” ujar Susi.

Susi menjelaskan, lulusan terbaik itu akan berasal dari berbagai universitas dan jurusan bukan hanya kelautan. Perekrutan akan dimulai tahun ini untuk masuk kerja tahun depan.

“Setelah lebaran. Kita sudah planning dikasi 50, tahun depan minta 50 lagi. The best, the best, the best. Jadi KKP maunya dibangun oleh manusia-manusia terbaik dan saya yakin ada,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini