Share

Ancaman PHK Massal, Menko Sofyan Siapkan Kebijakan

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Selasa 23 Juni 2015 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 23 20 1170212 ancaman-phk-massal-menko-sofyan-siapkan-kebijakan-15INj1RaTW.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Dalam makro indikatif, pertumbuhan ekonomi RI pada 2016 ditargetkan 5,5-6 persen. Target ini mengalami penurunan di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi yang melanda Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyebut, pemerintah sudah mempunyai cara antisipasi walaupun mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Terutama akibat perlambatan ekonomi dunia.

"Kalau pertmbuhan ekonomi dunia juga berkurang tentu kita melihat sektor yang selama ini ekspor oriented, tapi sektor lain juga dikira-kira lagi. Tapi konsumer goods. Kebijakan yang harus dilihat, misalnya kemungkinan adanya PHK itu yang perut diantisipasi," terang Sofyan di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Untuk itu, pemerintah akan mempercepat pembangunan infrastruktur di tengah masih lesunya harga komoditas ekspor untuk mendorong ekonomi dan menahan ancaman PHK missal.

"Yang perlu kita percepat adalah pembangunan infrastruktur kemudian manufaktur itu kan pertumbuhannya akan praktis, artinya jangka panjangnya," kata Sofyan.

Sofyan menambahkan, langkah-langkah pemerintah dalam menunjang percepatan pembangunan infrastruktur adalah dengan memanfaatkan beberapa pinjaman bilateral maupun multilateral.

"Supaya men-drive infrastruktur ini. Dengan drive infrastruktur akan memberikan daya beli kepada masyarakat, pendapatan masyarakat. sektor-sektor yang dukung infrastruktur ini," papar Sofyan.

Kendati demikian, yang masih jadi masalah adalah penurunan harga ekspor komoditas. Hal ini tidak terlepas dari masih lambatnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini