Share

Jelang Pemilu, Dua Bom Meledak di Turki

Ferry Ardiansyah , Okezone · Sabtu 06 Juni 2015 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 06 18 1161179 jelang-pemilu-dua-bom-meledak-di-turki-jotEE6F0s7.jpeg Ledakan Pada Saat Kampanye di Turki (Foto:AFP)
A A A

DIYARBAKIR – Sedikitnya dua orang tewas dan ratusan lainnya terluka akibat ledakan bom di wilayah Diyarbakir, Turki.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Sabtu (6/6/2015), ledakan bom terjadi pada Jumat 5 Juni di saat 10 ribu warga akan menghadiri kampanye Partai People Democratic Party (HDP) jelang pemilu parlemen pada Senin 8 Juni.

Saksi mata mengatakan massa akhirnya berhamburan menyelamatkan diri usai mendengar dua ledakan bom tersebut. Pihak keamanan tidak kuasa untuk mengendalikan konsentrasi massa.

Massa meluapkan kemarahan dengan melemparkan batu ke petugas Kepolisian Turki karena dianggap tidak mampu menjamin keamanan. Polisi membalas dengan menembakkan gas air mata hingga membuat ketegangan makin panas.

Perdana Menteri Turki Ahmed Davutoglu mengecam insiden tersebut. Menurutnya, pemerintah tidak akan kompromi dengan segala bentuk kekerasan jelang pemilu parlemen.

HDP merupakan partai yang memiliki tujuan memperjuangkan nasib etnis Kurdi di Turki. Sedangkan Diyarbakir merupakan kota yang mayoritas penduduknya etnis Kurdi sehingga menjadi penting bagi HDP.

HDP sedang berupaya keras bisa meraih 10 persen suara dalam pemilu parlemen agar bisa mengirim wakilinya di Parlemen Turki.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini