Share

THR Boleh Habis, tapi Gaji Jangan

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Senin 01 Juni 2015 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 29 320 1157290 thr-boleh-habis-tapi-gaji-jangan-c9uZjcUcdr.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Setelah menghabiskan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Lebaran nanti, masyarakat berharap gaji selanjutnya datang lebih cepat. Tapi, jika sudah menerima gaji bulan selanjutnya, maka jangan dihabiskan, perlu menjaga penggunaannya agar siap untuk menabung kembali.

Gaji bulanan memang jadi masalah ketika tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengaturnya. Untuk menyiasatinya, Perencana Keuangan Ahmad Gozali mengatakan, jadikan nilai THR sebagai batas maksimal bujetnya, tidak boleh melebihi jumlah THR yang diterima. Karena dari sinilah sumber dananya berasal.

"Pada prinsipnya, pengeluaran rutin seperti makan, minum, dan lain-lain tidak boleh naik dan alokasinya dari gaji bulanan seperti biasa. Sedangkan pengeluaran tidak rutin seperti mudik, baju baru, dan lain-lain diambil dari penghasilan tidak rutin yaitu THR," ujar Gozali, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Jika kurang, lanjut Gozali, boleh ambil dari tabungan. Tapi jangan korbankan gaji untuk pengeluaran tidak rutin, karena nantinya akan berantakan pola pengeluarannya dan membuat Anda enggan mengatur keuangan lagi.

"THR tidak apa-apa dihabiskan untuk Lebaran. Yang jangan sampai terjadi adalah gajinya dihabiskan juga untuk Lebaran, padahal gajian berikutnya masih dua minggu lagi," ucapnya.

Gozali mengingatkan, gaji untuk pengeluaran rutin, sedangkan THR untuk pengeluaran tidak rutin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini