Share

Kasus Beras Plastik Selesai, Mendag Fokus ke Lebaran

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Selasa 26 Mei 2015 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 26 320 1155660 kasus-beras-plastik-selesai-mendag-fokus-ke-lebaran-glJB8X7mxS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Perdagangan Rachamt Gobel menyatakan, dengan selesainya kasus beras plastik, pihaknya kini fokus dalam mengambil kebijakan dan tindakan untuk menjaga ketersediaan pangan dalam menjelang puasa dan Lebaran tahun ini.

"Sebagai tindak lanjut dari Kemendag bahwa pemerintah mengambil kebijakan dan langkah tindakan apapun untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Pemerintah memberikan perhatian khususnya bulan puasa dan Lebaran," kata Rachmat di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Menurut Rachmat, salah satu kebijakan untuk ketersediaan pangan adalah seetiap pengelola wajib menyelenggarakan pencatatan administrasi gudang, apabila menyimpan barang penting dan wajib melaporkan ke Kemendag.

"Kemendag juga sedang menyusun undang-undang tentang perdagangan, baik berupa peraturan pemerintah (PP), peraturan presiden (perpres), maupun permendag termasuk regulasi yang diselesaikan," paparnya.

Sementara itu, untuk kewajiban pelaku usaha dapat memperdagangkan beras wajib terdaftar sebagai pelaku usaha terdaftar dan mendistribusikan yang mempunyai merk.

"Ini dalam rangka memberikan rasa aman pada masyarakat, Kemendag, Kementan, Kapolri, pemprov, pemkab, terus melakukan pengawasan pangan olahan dan pangan segar, jelang Ramadan dan Idul Fitri," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini