Share

HT Dorong Masyarakat Indonesia Jadi Pengusaha

Ahmad Zubaidi , Okezone · Sabtu 23 Mei 2015 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 23 337 1154121 ht-dorong-masyarakat-indonesia-jadi-pengusaha-u8pCBOPdMF.jpg Foto: Okezone
A A A

JAKARTA - Indonesia merupakan negara dengan potensi alam yang begitu melimpah. Namun potensi tersebut sejauh ini belum maksimal, terbukti kesenjangan sosial dan ekonomi masih tinggi.

Menurut CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo salah satu sebabnya adalah karena minat masyarakat di Indonesia untuk menjadi pengusaha minim.

"Indonesia kurang pengusaha, idealnya di atas dua persen (dari total jumlah penduduk), Indonesia jauh dari itu," ujar HT sapaan akrabnya saat memberi kuliah umum di IAIN Banten, Sabtu (23/5/2015).

HT menambahkan menjadi pengusaha tidaklah rumit seperti yang dibayangkan. Hal terpenting saat menjadi pengusaha adalah percaya diri dan sungguh-sungguh.

"Kita pekerjakan diri kita sendiri, baru berupaya mempekerjakan orang lain," lanjutnya.

Namun demikian, seorang pengusaha tidak boleh lalai terhadap kewajibannya sebagai warga negara yang baik, seperti membayar pajak. "Karena itu sumber pendapatan pembangunan, asal jangan dikorupsi saja," tandasnya.

Selain itu, HT menyebut sikap kontradiktif masyarakat Indonesia yang kurang memanfaatkan keanekaragaman sumber daya alam. Munurut HT, hal itu merupakan tantangan yang perlu disikapi dengan bijak oleh segenap rakyat Indonesia.

"Indonesia ini kontradiksi, potensi luar biasa tapi pemanfaatannya kurang, tapi tantangannya bagaimana kita bisa hasilkan masyarakat yang produktif," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini