Share

Intelijen AS Rilis Dokumen Rahasia bin Laden

Rahman Asmardika , Okezone · Kamis 21 Mei 2015 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 21 18 1153266 intelijen-as-umumkan-dokumen-rahasia-terkait-bin-laden-ngL0iiA6JF.jpg Osama bin Laden. (Foto : Reuters)
A A A

WASHINGTON - Pihak Intelijen Amerika Serikat (AS) mengeluarkan ratusan dokumen rahasia terkait dengan mantan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden. Dokumen-dokumen tersebut memberikan penjelasan mengenai pemikiran pria yang diduga sebagai dalang peristiwa 11 September itu sebelum terbunuh di Abbottabad, Pakistan.

Ratusan dokumen tersebut didapatkan pihak AS saat menyerang tempat persembunyian bin Laden pada 2011. Di antara dokumen tersebut terdapat sepucuk surat yang berisi permintaan bin Laden kepada para pengikutnya untuk bersatu.

Dari dokumen-dokumen tersebut terungkap bahwa di antara para pengikutnya terdapat perpecahan yang serius. Permasalahan itu timbul karena perbedaan pendapat bagaimana mereka seharusnya melakukan ‘perjuangannya’. Bin Laden dalam suratnya, mengingatkan bahwa perpecahan di dalam kelompok akan membuat mereka lemah dan kehilangan fokus pada musuh mereka yang sebenarnya.

“Bin Laden khawatir perpecahan di dalam kelompok militan tersebut dapat mengantar mereka pada kehancuran,” kata seorang analis senior dari intelijen AS, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (21/5/2015).

Perilisan ratusan dokumen rahasia ini merupakan tanggapan pihak intelijen AS atas kritik yang menuduh Badan Intelijen AS (CIA) menahan informasi mengenai kejadian di Abbottabad pada 2011. Juru bicara Direktur Intelijen Nasional AS menyatakan, pembukaan dokumen rahasia tersebut sejalan dengan kebijakan Presiden Obama untuk memperbesar transparansi dalam pemerintahannya.

Kejadian yang menewaskan Osama bin Laden itu kembali menjadi sorotan setelah jurnalis senior Seymour Hersh menulis sebuah artikel yang menuduh pernyataan AS mengenai penyerangan ke Abbottabad dan kematian bin Laden dipenuhi kebohongan. Namun, hal itu dibantah oleh juru bicara CIA yang menyatakan pengumuman dokumen tersebut telah direncanakan sebelum tulisan Hersh muncul.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini