Share

Kecanduan Energi Fosil, Pertamina Siapkan Tiga BBN

Hendra Kusuma , Okezone · Senin 18 Mei 2015 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 19 1151249 kecanduan-energi-fosil-pertamina-siapkan-tiga-bbn-HaAbezioQc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memiliki tiga bahan bakar ramah lingkungan yang siap menggantikan peran bahan bakar jenis fosil, seperti minyak dan gas (Migas). Pasalnya selama ini masyarakat Indonesia sudah menjadi pecandu energi fosil.

Vice President Research and Development Direktorat Pengolahan Pertamina Eko Wahyu Laksono mengatakan, tiga energi baru terbarukan (EBT) yang pertama Hydrotreated Biodiesel, Solar Emulsi, dan Minyak Algae.

"Dari beberapa hasil riset, setidaknya kami mengangkat tiga hal, dua tentang disertifikasi, lalu ke arah konservasi, atau alternatif energi yang memberikan, seperti hydrotreated Biodiesel," kata Eko di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Eko menuturkan, untuk EBT solar emulsi merupakan pencampuran solar dengan air, dan ini juga bukan yang pertama kalinya ditemukan, sebab di negara-negara maju lainnya sudah mulai dikembangkan.

Eko menuturkan, solar emulsi ini akan ditujukan sebagai bahan bakar transportasi umum dan juga nelayan, tidak ditujukan kepada kendaraan pribadi.

"Emisi solar emulsi lebih rendah dibandingkan dengan solar 48, artinya lebih tidak hitam, sehingga ini menjadi alternatif bahan bakar yang mengurangi solar," tambahnya.

EBT yang ketiga, Eko mengungkapkan, merupakan energi yang menjadi primadona Pertamina. Pasalnya, energi yang berasal dari lumut ini banyak dan mudah ditemukan dan juga dikembangbiakkan.

"Lumut yang begitu banyak di perairan tawar maupun laut, memiliki kadar minyak tinggi yang berpotensi menjadi bahan baku biofuel. Algae tidak bersaing dengan palm oil, dan menjadi bahan bakar," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini