Share

Jokowi: Kalau Perlu, Kita Impor Beras!

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 15 Mei 2015 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 15 320 1150248 jokowi-kalau-perlu-kita-impor-beras-3mg6QMBBVq.jpg Ilustrasi: Okezone
A A A
JAKARTA - Pemerintah berupaya agar mengurangi ketergantungan akan impor beras. Pasalnya, saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menargetkan agar terjadi swasembada beras pada tiga hingga empat tahun mendatang.

Kendati demikian, keinginan Presiden Jokowi ini bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan. Lantaran, penyerapan beras Bulog belum optimal, ditambah musim panen tidak merata, sehingga stok beras nasional untuk menghadapi musim puasa maupun lebaran terancam.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, tidak menutup kemungkinan Presiden Jokowi akan membuka keran impor beras, dengan melihat fakta yang terjadi di lapangan.

"Tetapi bapak Presiden sudah mengatakan kalau nantinya perlu (beras), toh dengan cepat kita bisa impor," kata Rini di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Namun, hingga saat ini Rini menjamin, pemerintah tidak akan impor beras dalam waktu dekat.

"Belum, tapi mereka melihat sampai sekarang dengan kemampuan mereka melihat dapat menyerap beras (Bulog)," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini