Share

Freeport Sebut Demo Karyawan Hambat Jalan Tambang

ant , Jurnalis · Senin 16 Maret 2015 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 16 19 1119293 freeport-sebut-demo-karyawan-hambat-jalan-tambang-h3Doey9P60.jpg Pekerja Freeport (Foto: Reuters)
A A A
JAYAPURA - Aksi demo yang dilakukan oleh sekira 400 karyawan PT Freeport dari tujuh suku di areal mille 72, Tembagapura, Papua, menyebabkan akses jalan menuju lokasi penambangan perusahaan terhambat.

Juru bicara PT Freeport, Deasy mengaku aksi demo yang dilakukan para karyawan itu tepatnya di dekat Ridge camp mille 72, hal tersebut menyebabkan akses jalan dari dan menuju lokasi tambang mengalami hambatan.

"Kami memang sudah mendapat laporan tentang adanya aksi unjuk rasa sekelompok karyawan yang mengakibatkan terganggunya akses jalan tambang. Saat ini sedang dilakukan komunikasi atau dialog dengan pendemo " jelas Deasy dalam pesan singkatnya, Senin (16/3/2015).

Sementara itu Kapolres Mimika, Akbp Yusnanto secara terpisah mengatakan, aksi demo yang berasal dari karyawan tujuh suku hingga saat ini masih terus berlanjut. Bahkan para pendemo saat ini sudah memalangkan satu unit kendaraan berat dan tenda sehingga makin menyulitkan aktivitas dari dan ke lokasi tambang.

Aksi demo para karyawan dari tujuh suku itu antara lain menuntut penegakan aturan perjanjian kerja bersama (PKB) dan perselisihan hubungan industria (PHI), hak-hak karyawan yang aktif bekerja baik dari PT Freeport, kontraktor dan privatisasi harus diberi kompensasi dan promosi, tinjau ulang keputusan arbitrase yang tidak sesuai aturan PKB dan PHI.

Sedangkan tuntutan yang kelima adalah apabila keempat tuntutan tidak dipenuhi maka seluruh karyawan yang aktif bekerja pada saat mogok meminta "golden packet".

Diakui, saat ini anggota kepolisian yang berada di Tembagapura hanya berupaya melakukan mediasi antara pendemo dengan pihak manajemen karena hal tersebut merupakan aksi internal perusahaan.

Bahkan Polres Mimika sudah mengirim Kompol Sudirman, mantan Kapolsek Tembagapura, untuk membantu mempercepat proses mediasi," jelas Akbp Yusnanto.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini