Share

10 Gunung Berapi Terpopuler di Dunia (1)

Mutya Hanifah, Okezone · Kamis 06 Maret 2014 03:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 05 409 950511 pNgLHvqti0.jpg Gunung Fuji, Jepang (Foto: giantbomb)
A A A

GUNUNG berapi memang berbahaya, letusannya mematikan. Namun, apa yang ada di sekitar gunung tersebut serta cerita di baliknya begitu menarik sebagai destinasi wisata.

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Skyscanner:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Soufriere Hills, Montserrat

Pulau tropis Monsterrat ternyata menyimpan 'bom waktu' di tengah keindahannya, yaitu kubah lava Soufriere Hills. Sejak meletus pada 1995, gunung ini terus aktif dan cukup berbahaya bagi pulau tersebut, membuat Montserrat tak bisa lagi ditinggali.

Krakatau, Indonesia

Ledakan paling dahsyat hingga saat ini adalah ledakan Gunung Vesuvius di Italia pada 1979 yang menghancurkan Pompeii. Indonesia ternyata juga punya 'Vesuvius' sendiri, yaitu Gunung Krakatau pada 1883. Letusan Krakatau terdengar hingga ribuan kilometer, dan asapnya menutupi hampir seluruh permukaan Bumi. Letusan itu kini menghasilkan Gunung Anak Krakatau, yang masih aktif dan jadi tempat wisata.

Yellowstone Caldera, Amerika Serikat

Yellowstone Caldera disebut gunung berapi super, namun untungnya hanya meletus selama tiga kali dalam dua juta tahun terakhir. Aktivitas gunung ini cukup mengancam, namun menghasilkan pemandangan yang cantik di Taman Nasional Yellowstone.

Piton de la Fournaise, Reunion

Piton de la Fournaise adalah salah satu dari lima gunung berapi teraktif di dunia, yang dalam delapan tahun terakhir mengalami empat kali erupsi. Gunung berapi ini berada di Pulau Reunion, Samudra Hindia, yang saking cantiknya membuat pesepakbola legendaris Zinedine Zidane memiliki rumah di pulau tersebut.

Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji adalah salah satu puncak terpopuler di dunia, dan merupakan ikon Jepang. Meski aktif, Gunung Fuji tidak mengalami erupsi sejak 1708, jadi masih cukup aman untuk dikunjungi. (bersambung)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini