Share

Dengan Diaspora, India Hasilkan Keuntungan Miliaran Dolar

Aulia Akbar , Okezone · Jum'at 14 Juni 2013 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 14 411 822065 fakcYHeqWZ.jpg Foto : Orange
A A A

JAKARTA - Perwakilan Indonesian Diaspora Network Edward Wanandi membahas keuntungan-keuntungan yang didapat oleh India lewat pemberdayaan diaspora. Para diaspora di Negeri Bollywood itu dinilai berhasil membangun kemampuan negara hingga menjadi maju.

"Organisasi diaspora India sudah lama, kurang lebih tahun 1980an. Tetapi mereka berhasil membangun bisnis internet dan lain-lain. Yang membangun Negara Bagian Bangalore adalah diaspora," ujar Edward dalam gathering media di Restoran Penang Bistro, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kita banyak tahu warga India di sini. Tapi sebenarnya, mereka bukan warga India, mereka diaspora India. Banyak juga diaspora India yang punya aset di India. India sendiri tidak mempermasalahkan hal itu, diaspora India tentunya diakui sebagai warga India," paparnya.

Untuk saat ini, Indonesian Diaspora Network juga menggagas sejumlah program yang akan mereka berdayakan untuk Indonesia. Program-program itu antara lain adalah bisnis dan investasi, filantrofi, transfer ilmu pengetahuan, advokasi kebijakan, dan pengembangan jaringan.

Mereka pun mengupayakan agar ada penerapan multiple entry visa untuk para diaspora. Hal itu akan memudahkan para diaspora Indonesia yang diluar negeri tidak kesulitan untuk memasuki Indonesia. Mereka juga akan diperlakukan selayaknya WNI, mereka bisa memiliki aset properti, dan bekerja di Indonesia.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini