Share

Banyak Alasan Saigon Jadi Kota Wisata Murah Meriah

Mutya Hanifah, Okezone · Sabtu 09 Maret 2013 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 08 409 773011 3PovDFoEh3.jpg Suasana kota Saigon, Vietnam yang sejuk (Foto: Mutya/Okezone)
A A A

INGIN pelesir murah meriah ke luar negeri? Jadikan Saigon, Vietnam pilihan Anda, pasti puas!

Saigon atau Ho Chi Minh City adalah kota terbesar di Vietnam, dan juga kota yang menarik untuk dikunjungi bila Anda adalah wisatawan yang ingin pelesir dengan bujet rendah. Bila berwisata ke kota ini, dijamin Anda tak perlu keluar banyak uang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Alasan pertama, kurs mata uang Dong Vietnam saat ini cukup murah bagi Indonesia. Sebagai perbandingan, Rp10 ribu sama dengan 20 ribu Dong. Anda bisa mendadak kaya bila berkunjung ke negara ini.

Mengikuti kursnya, harga-harga semua barang di Vietnam, terutama Saigon, pun cenderung murah. Contoh, bus kota yang membawa Anda dari bandara ke pusat kota selama 45 menit hanya dikenakan tarif sebesar 5.000 Dong atau Rp2.500 saja. 

Harga makanan di Saigon pun murah. Semangkuk besar pho atau mi khas Vietnam di warung-warung tenda bisa Anda dapatkan hanya dengan 30 ribu Dong atau Rp15 ribu. Ingin coba makan di restoran yang sedikit mewah? Harga semangkuk besar pho di Pho 2000, yang terkenal karena dan pernah disambangi mantan Presiden AS Bill Clinton, hanyalah 60 ribu Dong atau Rp30 ribu.

Berada di Saigon, tentu belum lengkap bila tak mengunjungi situs sejarah Chu Chi Tunnel. Untuk ke sana, ikut saja paket tur yang banyak disediakan di area backpacker Pham Ngu Lao Street. Ikut tur sehari, Anda hanya harus membayar 168 ribu Dong atau Rp84 ribu. Biaya ini sudah termasuk bus AC, pemandu wisata, dan berkunjung ke kuil Cao Dai yang terkenal selama seharian.

Ingin berkeliling kota? Ada juga paket tur yang melayani wisatawan pelesir di dalam Kota Saigon. Tur kota dikenakan biaya sebesar 189 ribu Dong atau Rp94 ribu. Anda akan diantar ke seluruh tempat-tempat terkenal di Saigon seharian, plus mendapat makan siang, bus AC, dan pemandu wisata.

Bila ingin berkeliling kota sendiri tanpa menggunakan tur, tak masalah. Saigon adalah kota yang mudah untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, dan tempat-tempat wisatanya yang terkenal pun berdekatan.

Anda bisa mulai berjalan kaki dari Ben Thanh Market yang terkenal, kemudian melanjutkan perjalanan ke Reunification Palace, War Remnants Museum, Notre Dame Cathedral, Central Post Office, dan masih banyak lagi. Bila lelah, di antara tempat-tempat wisata ini terdapat taman-taman kota dimana Anda bisa beristirahat di bawah pohon rindang.

Mencari penginapan murah pun tak perlu susah. Cukup mencari di sekitar area backpacker, Pham Ngu Lao Street, maka Anda akan mendapat akomodasi yang ramah kantong. Harga penginapan di sini mulai dari Rp50 ribu hingga Rp600 ribu, tergantung fasilitas yang disediakan.

Di malam hari, habiskan waktu Anda bercengkerama bersama warga setempat dan rekan backpacker sambil duduk-duduk di sekitar Pham Ngu Lao. Sambil duduk, jangan lupa pesan bir Saigon, yang harganya hanya 10 ribu Dong atau Rp5 ribu.

Bagaimana, pelesir ke Saigon murah, bukan?

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini