Share

Sail Derawan 2013, Saat Kaltim "Menjual" Keindahannya

Adhia Azkapradhani, Okezone · Senin 08 Oktober 2012 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 08 407 700933 4IJ5VUMWCh.jpg Pulau Derawan (Foto: turisindie)
A A A

JAKARTA - Kalimantan Timur adalah provinsi terluas kedua di Indonesia. Berbagai keindahan alam serta budaya yang dimiliki menjadi kekuatan pariwisata Kalimantan Timur. Apa saja?

Keindahan laut, pantai, hutan, dan goa menjadi beberapa keindahan alam yang dapat dinikmati di Kalimantan Timur. Untuk meningkatkan sektor pariwisata yang berbasis "Culture, Adventure, dan Nature" ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) aktif terus mempromosikan daerahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kaltim Fair, Kaltim Expo, Balikpapan Fair, dan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam menjadi serangkaian acara yang diselenggarakan Pemprov Kaltim setiap tahunnya. Pada 2013 yang akan datang, Pemprov Kaltim akan menggelar sebuah acara, yaitu Sail Derawan 2013.

Sail Derawan digelar untuk mempromosikan dan mengeksplorasi keindahan bahari Pulau Derawan yang terdapat di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kura-kura hijau akan menjadi maskot pada acara besar yang akan dilaksanakan pada September 2013 ini.

Berbagai kegiatan juga akan dilakukan pada Sail Derawan 2013, baik kegiatan inti maupun kegiatan lainnya yang akan lebih mengenalkan Derawan khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya. Kegiatan pada Sail Derawan 2013, di antaranya International Fleet Review, Yacht Rally, International Big Game Fishing “KASAL CUP”, Diving Competition & Festival, Jetski Trans Equator Touring, dan Sail Competition. Acara inipun akan dimeriahkan dengan kegiatan pameran, seminar, gelar budaya, dan acara gelar tari.

“Gubernur menginginkan Derawan dapat menjadi kekuatan pariwisata berbasis ekonomi kreatif dan kerakyatan. Dengan harapan, Derawan sebagai tujuan wisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Ubadin, Marketing and Cooperation Staff Disbudpar Kalimantan Timur, kepada Okezone pada acara "Kemilau Nusantara 2012" di Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Kepulauan Derawan memiliki pantai pasir putih yang cukup luas. Bibir pantai ini sangat menarik untuk ditelusuri. Ditambahkan Ubadin, berbagai kegiatan laut dapat dilakukan di pantai ini, seperti diving, snorkeling, dan fishing. Pantainya yang landai membuat para wisatawan dapat berjalan kaki menikmati berbagai biota laut dengan mata telanjang. Keunikan pantai inipun bertambah dengan dapat ditemukannya sumur-sumur air tawar di sekitar pantai.

“Konon katanya, terumbu karang di tempat ini adalah yang kedua terindah setelah Raja Ampat,” lanjutnya.

Sebanyak 5.000 wisatawan mancanegara telah datang ke tempat ini untuk menikmati kekayaan laut Derawan. Sementara, untuk wisatawan lokal sudah mencapai ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Ubadin menegaskan, akses serta akomodasi menuju Derawan sudah terfasilitasi dengan cukup baik. Penginapan di Derawan pun menawarkan harga yang cukup ramah di kantong. Penginapan disediakan mulai dari harga Rp75 ribu hingga Rp6,5 juta per malam.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini