Share

Kiat Tepat Memilih Rumah

Kamis 15 Maret 2012 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 15 491 593506 P8zpa6XuEj.jpg Rita Laksmitasari (Dok Pribadi)
A A A

Kepada Yth Ibu dan bapak,

Saya seorang lajang (26). Dalam waktu dekat saya akan menikah dan berencana untuk membeli rumah di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saya berencana membeli rumah di sekitar Depok atau Cinere. Sebenarnya bagaimana cara memilih rumah yang baik. Apa saja yang perlu disoroti saat memilih rumah?

Saya kurang paham soal mutu bangunan. Saya ingin membeli rumah di sebuah komplek, persoalan fasilitas kompleks tidak terlalu saya pusingkan. Tetapi yang perlu diperhatikan kan kualitas bangunan. Mohon penjelasannya dengan detail.

 

Saputra Suryadi,

Margonda, Depok.

 

 

Hallo Bapak Saputra Suryadi,

Saat ini memang banyak sekali perumahan yang tumbuh di daerah penyangga Jakarta. Hal ini tentu membuat semakin membingungkan apalagi model dan fasilitas yang ditawarkan sangat menggiurkan. Tetapi dari sekian banyak penawaran perumahan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar rumah yang nantinya ditempati akan cocok, aman, nyaman, dan dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Beberapa hal utama yang harus diperhatikan. Yang penting pula adalah material dan kualitas sesuai dengan spesifikasi dari konsultannya.Tentunya selain kerapihan pengerjaan.

1. Plumbing

Kualitas rumah terutama strukturnya dapat dilihat pada saat pembangunannya, karena kualitas rumah tidak terletak dari strukturnya saja tetapi juga plumbing (tata air). Pemasangan plumbing berada pada tahap awal dari pembangunan. Plumbing yang buruk, akan menimbulkan kesulitan pada akhirnya, apalagi pada saat sudah finishing sudah dikerjakan.

2. Besi pada tiang

Salah satu elemen struktur pada bangunan adalah kolom atau tiang. Setiap bangunan memiliki tiang yang berfungsi menyalurlan beban ke dalam tanah. Melihat pentingnya fungsi tiang,maka material yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, harus sesuai perhitungan. Untuk itu, perhatikan pula jumlah dan diameter besi yang digunakan.

3. Kuda-kuda

Sekarang sudah banyak menggunakan kuda-kuda baja ringan, untuk itu perhatikan kontraktor yang mengerjakan kuda kuda ini. Tanyakan garansi yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat rangka atapnya. Garansi bisa dikeluarkan sekitar 10 sampai 15 tahun.

Mudah-mudahan bermanfaat. 

Salam,

Rita Laksmitasari

Direktur Mitra Bangun Sekawan (MBS)

www.mitrabangunsekawan.com

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini